Silahkan Iklan Disini ( Advertise Here )

DonkeyMails.com: No Minimum Payout

Donasi ( Donation )

  • Saya sangat menghargai bantuan anda untuk menjaga agar blog ini tetap online dan jika berlebih saya akan donasi kan ke orang yang kurang beruntung di sekitar saya, silahkan kirim ke Bank BRI No. Rek. 6098-01-004170-53-5, a/n. Fajar K P.

  • I will appreciate for your donation to keep this blog stay online and if I get more I will donate for unlucky people around me, please send to Bank BBRI No. Rek. 6098-01-004170-53-5, a/n Fajar K P.

Kamis, 15 Mei 2008

THE PLAN TO INCREASES OF REFINED FUEL OIL ( BBM ) IN INDONESIA ( RENCANA KENAIKAN BBM DI INDONESIA )

Make into 2 version : English and Indonesia ( di bawah )

Versi English :

THE PLAN TO INCREASES OF REFINED FUEL OIL ( BBM ) IN INDONESIA


With the highest of world raw oil prices that almost reach $120/barel tease Indonesian government to use increasing price of refined fuel oil ( BBM ) option again after before the president of Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono giving instruction for economizing in all of department specially the using of BBM. Option to increase BBm toke for reducing of subsidized burden which can reach until 200 billion rupiahs.
I think the policy of to increase the price of BBM must be followed by repairing in all of division or department but yhe prominent aim to reduce burden of subsidy. If that is right its should be in the appropriate target specially for unability people ( unluck people ) in other to help their condition not too be squeezed because BBM along this time much more used by middle people until rich people. If we look from the used and BBM reservoir between motorcycle and car is very different example the BBM reservoir for motorcycle can accommodate maximum 15 liter while car can accommodate more than 40 liter without any limitation so we can compare the proportion of BBM reservoir are 1 : 3 whereas for motorcycle can used for 1 liter can reach 20 km and car needs 5 liter to reach 20 km so if we accumulate the efficiency proportion between motorcycle and car are 1 : 8 so can be imagine how much subsidiy which absorb by car used. This thing that must be considered and also transportation tools that used by middle people until poor people which using BBM are motorcycle, public transportation, gas oil that will conversed to gas and cars that made in 2000 year and down.
From explanation above we can known that BBM subsidy much bigger enjoyed by middle people and above. Before the increases of BBM price, the subsidy must be on target and giving a boundary of BBM used and first step we can take is change for car that made in 2000 years and above to consume BBM nojn subsidy and giving a boundary.
Information of the increasing of BBM price will be responsed by market especially for bussinesman and investor particularly if the times come close to the increasing of BBM price date and safety condition shows bad signed or not condusif. This will also influenced because our currency will be decrease of dollar currency so can aggravate our economic condition. I hope this will be considered before BBM is increased. I apologize if tehere some mistake in an accountability.

Versi Indonesia :

RENCANA KENAIKAN BBM DI INDONESIA


Dengan meningginya harga minyak dunia yang hampir menembus $120 / barel kembali mengusik pemerintah Indonesia untuk kembali menggunakan opsi menaikkan harga BBM setelah sebelumya Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memberikan intstruksi penghematan di segala bidang khususnya penggunaan BBM. Opsi menaikkan BBM diambil untuk mengurangi beban subsidi pemerintah yang bisa mencapai 200 trilliun.
Menurut saya kebijakan menaikkan harga BBM harus juga diikuti dengan perbaikan di segala bidang tetapi tujuan utama untuk megurangi beban subsidi. Kalo benar tujuan untuk mengurangi beban subsidi seharusnya tepat juga agar subsidi tersebut tepat sasaran khusunya agar rakyat yang kurang mampu agar kondisi mereka tidak semakin terjepit karena BBM selama ini banyak dikonsumsi oleh kalangan menengah ke atas karena di lihat dari segi pemakaian dan daya tampung antara sepeda motor sudah sangan berbeda misalnya daya tampung sepeda motor maksimal 15 Liter sedangkan mobil bisa lebih dari 45 Liter tahpa ada batasan berapa perbandingannya sudah 1 : 3 sedangkan 15 Liter untuk sepeda motor bisa digunakan 1 liter untuk jarak 20 km dan mobil 5 liter untuk jarak 20 km kalo di lihat dari segi penggunaan sudah 1 : 5 sehingga kalo dijumlahkan tingkat efisiensi antara sepeda motor dan mobil yaitu 1 : 8 jadi bisa dibayangkan berapa subsidi yang diserap dari penggunaan mobil. ini yang harus dipertimbangkan dan lagi untuk kalangan menengah ke bawah alat transportasi yang digunakan dan yang menggunakan BBM kebanyakan sepeda motor, angkutan umum, minyak tanah yang sedang dikonversi ke gas dan mobil – mobil tahun 2000 ke bawah.
Dari penjelasan di atas dapat diketahui bahwa subsidi BBM terbesar banyak dinikmati oleh kalangan menengah ke atas. Sebelum menaikkan BBM harusnya subsidi harus tepat sasaran dan memberikan batasan menggunakan BBM langkah yang bisa di ambil yaitu dengan mengalihkan mobil – mobil tahun 2000 ke atas untuk menggunakan bahan bakar non subsidi atau memberikan batasan penggunaan BBM.
Informasi kenaikan BBM ini tentunya akan di respon oleh pasar terutama para pelaku bisnis dan juga investasi terutama apabila menjelang tanggal kenaikan BBM kondisi keamanan mulai menunjukkan tanda - tanda tidak kondusif misalnya salah satunya dengan adanya demo besar - besaran. Ini akan juga mempengaruhi pula karena bisa saja nilai mata uang rupiah terhadap dollar merosot tajam tentunya akan memperparah kondisi perekonomian kita. Semoga penjelasan diatas dapat menjadi bahan pertimbangan atas rencana kenaikan harga BBM. Apabila ada salah dalam perhitungan saya mohon maaf.










Tidak ada komentar: