Silahkan Iklan Disini ( Advertise Here )

DonkeyMails.com: No Minimum Payout

Donasi ( Donation )

  • Saya sangat menghargai bantuan anda untuk menjaga agar blog ini tetap online dan jika berlebih saya akan donasi kan ke orang yang kurang beruntung di sekitar saya, silahkan kirim ke Bank BRI No. Rek. 6098-01-004170-53-5, a/n. Fajar K P.

  • I will appreciate for your donation to keep this blog stay online and if I get more I will donate for unlucky people around me, please send to Bank BBRI No. Rek. 6098-01-004170-53-5, a/n Fajar K P.

Selasa, 15 April 2008

SIAPAKAH YANG SALAH DALAM SUATU SISTEM ? (WHO IS WRONG IN A SYSTEM ?)

SIAPAKAH YANG SALAH DALAM SUATU SISTEM ?


Apa pengertian sistem ? Sistem adalah pengkoordinasian ( pengorganisasian )seluruh rangakaian komponen serta kegiatan yang saling berkaitan yang bertujuan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan terlebih dahulu. Komponen system bisa berupa manusia dan non manusia yang mempunyai fungsi masing – masing dimana semuanya dikoordinasikan agar berjalan kompak sehingga dapat berlangsung secara efektif dan efisien.

Suatu system dapat dikatakan salah bila tidak tercapainya tujuan dan tidak berlangsung secara efektif dan efisien, lalu siapa yang salah ?. Yang salah adalah komponen ( manusia atau non manusia ) yang tidak dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Dalam suatu system social manusialah yang paling berpengaruh dalam menjalankan suatu system tapi yang menjadi pertanyaan “mengapa bila terjadi ketidak beresan banyak orang menyalahkan system?” hal ini secara tidak langsung menunjukkan bahwa manusia sebagai komponen ikut andil dalam ketidak beresan suatu system. Apabila terjadi ketidak beresan dari suatu sistem kita sebagai manusia harus bisa berintrospeksi apakah kita bisa menjalankan fungsi kita dengan baik dan benar sebelum kita menyalahkan suatu system atau mengganti suatu system.

Sistem dapat dikatakan salah atau buruk bila kita sebagai komponen ( manusia ) sudah menjalankan dengan baik dan benar ( tidak melakukan korupsi, tidak menipu ,tidak menyelewengkan, kerja dengan efektif dan efisien dll ) dan masih terjadi ketidak beresan Sehingga akan percuma apabila kita menjalankan bahkan mengganti sebagus apapun suatu system bila kita ( manusia ) yang merupakan dari system itu tidak bias menjalankan fungsi kita dengan baik. Sebelum kita memperbaiki atau mengganti suatu system kita ( manusia ) yang harus terlebih dahulu diperbaiki. Semoga pendapat saya yang singkat ini dapat menjadi acuan kita dalam menjalankan, menentukan, memeperbaiki dan mengganti suatu system. Wallohu’allam Bishowab.


In English:

WHO IS WRONG IN A SYSTEM ?


( What is system ? system is coordinationing ( organisationing ) whole of part of component and activity that is interrelated each other and to reach the goal that is determined before. System component can be human and non human that is have each function which all of them coordinate in other to compact so can go on effective an efficien.

A system can be wrong if the goal can be reach and can’t go on effective and efficien, so who is wrong ?. Who is wrong is a component ( human and no human ) that is can’t run its function well. In a social system, human is very influence in run a system but that be question is “ Why if there are something wrong or mistake on system a lot of people blame at system ?” this indirectly show that human involve in system mistake. If tehere are something wrong or mistake on system, we are a human must can introspection does we can run our function right and well. Before we blame a system or change a system.

A system can be said wrong or bad if we are the part of component ( human ) have run the system well and right ( not corruption, not lay, not deviate, work effectively and efficienly, etc. ) and a system still error or not run well. So its can useless if we run even change a system if we ( human ) that is part of system can’t run our function well. Before we change or fix a system, we ( human ) must be fix at first. I hope that can be reference before we run, determine, fix and change a system. I’m so sory if my English still broke because I still learning.)




Tidak ada komentar: